KATA PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat karunianyalah penulis
dapat menyelesaikan makalah ini.
Tidak
lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada
dosen pembimbing yang telah memberikan bantuannya sehingga makalah ini dapat
diselesaikan tepat pada waktunya.
Penulis
menyadari bahwa makalah jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan
saran dari dosen pembimbing dan semua pihak yang sifatnya membangun selalu
penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini dan demi perbaikan makalah
penulis di masa yang akan datang.
Kendari, 23 April 2013
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN AWAL
……………………………………………………………….……. i
KATA PENGANTAR
…………………………………………………………….…….. ii
DAFTAR ISI
………………………………………………………………………....…. iii
BAB
1 PENDAHULUAN ……………………………………………………...….…… 1
1.1 LATAR
BELAKANG ………………………………………………….………….... 1
1.2 RUMUSAN
MASALAH …………………………………………………………… 2
1.3 TUJUAN
…………………………………………………………………………...... 2
1.4 MANFAAT
………………………………………………………………………...... 2
BAB II PEMBAHASAN …………………………………………………………….… 3
2.1 PROSES
KOMUNIKASI MENURUT LASWELL ……………………………….... 4
BAB
III PENUTUP ………………………………………………………………..…… 5
3.1 KESIMPULAN
………………………………………………………………...……. 5
3.2 SARAN ………………………………………………………………………………
5
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
Komunikasi adalah
"suatu proses
dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok,
organisasi,
dan masyarakat
menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan
dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang
dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang
dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan
menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum,
menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi
dengan bahasa nonverbal.
1.1 Latar
Belakang
Saat
ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berlangsung pesatseiring
berkembanganya kebutuhan manusia akan informasi. Pada era informasi ini
khalayak butuh informasi akurat dan cepat untuk menunjang aktivitas mereka
dalam dunia agama, pekerjaan, pendidikan,sosial, budaya, bahkan hiburan.
Informasi yang cepat dapat terwujud dengan suatu proses komunikasi yang disebut
komunikasi. Komunikasi dapat terwujud karena diproduksi oleh suatu lembaga
media, kemudian media tersebut memberikan informasi kepada khalayak secara
hampir bersamaan. Setiap komunikasi mempunyai model dan ciri khas masing-masing
serta dapat di implementasikan dalam berbagai kegiatan komunikasi.
Untuk mengawalinya, kita
akan masuk dari dari kajian mengenai model dan fungsi komunikasi massa yang dikemukakan
oleh Harold Laswell. Selama ini teori media berkonsentrasi pada
bagaimana media bekerja dan pengaruh media terhadap khalayak. Dasar
dari perspektif ini adalah pendekatan fungsionalis yang memfokuskan pada sistem
komunikasi massa, cara kerja sistem komunikasi massa, dan apa yang dilakukan
oleh komunikasi massa. Salah seorang teoritisi yang mengungkapkan teori yang
paling terkenal dan paling awal dalam kajian ini adalah Harold Lasswell. Dalam
sebuah artikel klasik yang ditulisnya pada tahun 1948 yang berjudul The
Structure and Function of Communication in Society, Lasswell menyajikan
suatu model komunikasi yang berbentuk sederhana. Model ini sering diajarkan
kepada mahasiswa yang baru belajar ilmu komunikasi.
Model yang diutarakan
Lasswell ini secara jelas mengelompokkan elemen-elemen mendasar dari komunikasi
ke dalam lima elemen yang tidak bisa dihilangkan salah satunya (Laswell dalam
Littlejohn, 1996:334). Model yang dikembangkan oleh Laswell ini sangat populer
di kalangan ilmuan komunikasi, dan kebanyakan mahasiswa komunikasi ketika
pertama kali belajar ilmu komunikasi, akan diperkenalkan dengan model di atas.
1.2
Rumusan Masalah
dalam
makalah ini kami mengangkat sebuah rumusan masalah yaitu bagaimanakah model
komunikasi menurut laswell ?
1.3
Tujuan
Dalam
makalah ini, adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui model komunikasi menurut
laswell.
1.4
Manfaat
Adapun
manfaat yang ada dalam makalah ini adalah mahasiswa dapat mengaplikasikan model
komunikasi menurut laswell sebagai salah satu model komunikasi yang baik.
BAB
II
PEMBAHASAN
Sumbangan
pemikiran Lasswel dalam kajian teori komunikasi massa adalah identifikasi yang
dilakukannya terhadap tiga fungsi dari komunikasi massa. Pertama adalah
kemampuan kemampuan media massa memberikan informasi yang berkaitan dengan
lingkungan di sekitar kita, yang dinamakannya sebagai surveillance.
Kedua, adalah kemampuan media massa memberikan berbagai pilihan dan alternatif
dalam penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat, yang dinamakanya sebagai
fungsi correlation. Ketiga adalah fungsi media massa dalam mensosialisasikan
nilai-nilai tertentu kepada masyarakat, yang dalam terminologi Laswell
dinamakan sebagai transmission.
Model Lasswell telah menjadi model komunikasi massa yang melegenda dalam kajian teori komunikasi massa. Maksudnya model Laswell telah banyak digunakan sebagai kerangka analisis dalam kajian komunikasi massa.
Karakteristik
model Laswell adalah kemampuannya mencatat bagian-bagian yang membentuk sistem
komunikasi massa dan serempak pula dapat menggambarkan hasil-hasil yang hendak
dicapai oleh komunikasi massa melalui ketiga fungsi yang telah dijelaskan di
atas.
Pada model komunikasi Harold Laswell ini menggambarkan komunikasi dalam
ungkapan who, says what, in which channel, to whom, with what effect?
Atau dalam bahasa Indonesia adalah, siapa, mengatakan apa, dengan medium apa,
kepada siapa, dengan pengaruh apa? Model ini menjelaskan tentang proses
komunikasi dan fungsinya terhadap masyarakat. Lasswell berpendapat bahwa di
dalam komunikasi terdapat tiga fungsi dan tiga kelompok spesialis yang bertanggung jawab
melaksanakan fungsi-fungsi tersebut.
2.1 PROSES KOMUNIKASI MENURUT
LASWELL
Bagan
Model Komunikasi Lasswell
1. Who (siapa/sumber)
Who
dapat diartikan sebagai sumber atau komunikator yaitu, pelaku atau pihak yang
mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi dan juga yang memulai suatu komunikasi.
Pihak tersebut bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu Negara
sebagai komunikator.
2. Says what (pesan)
Says
menjelaskan apa yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada komunikan
(penerima), dari komunikator (sumber) atau isi informasi.
3. In which channel (saluran/media)
Suatu
alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan
(penerima) baik secara langsung (tatap muka) maupun tidak langsung (melalu
media cetak/elektronik).
4. To whom (siapa/penerima)
Sesorang
yang menerima siapa bisa berupa suatu kelompok, individu, organisasi atau suatu
Negara yang menerima pesan dari sumber. Hal tersebut dapat disebut tujuan
(destination), pendengar (listener), khalayak (audience), komunikan, penafsir,
penyandi balik (decoder).
5. With what effect (dampak/efek)
Dampak
atau efek yang terjadi pada komunikan (penerima) seteleh menerima pesan dari
sumber seperti perubahan sikap dan bertambahnya pengetahuan.
Contoh Mengaplikasikan Model
Komunikasi Laswell
Jokowi (siapa). Berbicara mengenai
perubahan yang harus dilakukan pemimpin daerah untuk kemajuan daerahnya (apa).
Melalui kampanye yang disiarkan melalui Televisi (saluran), kepada khalayak
atau masyarakat (kepada siapa) dengan pengaruh yang terjadi khalayak mendapat
pesan terhadap calon Gubernur memilihnya atau tidak memilihnya (efek).
BAB III
PENUTUP
3.1 kesimpulan
Komunikasi adalah pesan yang disampaikan kepada
komunikan (penerima) dari komunikator (sumber) melalui saluran-saluran
tertentu baik secara langsung/tidak langsung dengan maksud memberikan
dampak/effect kepada komunikan sesuai dengan yang diingikan komunikator. Yang
memenuhi 5 unsur who, says what, in which channel, to whom, with what
effect.
3.2 Saran
Mungkin
inilah yang diwacanakan pada penulisan kelompok ini meskipun penulisan ini jauh
dari sempurna. Masih banyak kesalahan dari penulisan kelompok kami, karna kami
manusia yang adalah tempat salah dan dosa, dan kami juga butuh saran/ kritikan
agar bisa menjadi motivasi untuk masa depan yang lebih baik dari pada masa
sebelumnya. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dosen pembimbing yang telah memberi
kami tugas kelompok demi kebaikan diri kita sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
ü Mundakir. 2006.
komunikasi keperawatan. Yogyakarta : graha ilmu
A Las Vegas, NV casino offers all kinds of casino games - KLH
BalasHapusWith the latest in slots, progressives and progressives 의왕 출장샵 are 하남 출장마사지 playing their favorite games at 충청북도 출장안마 the best Las Vegas 창원 출장안마 casinos. Casino: Hotel: 인천광역 출장샵 Gold Strike Casino Resort